www.pnpm-mandiri.org/‎

Kamis, 10 April 2014

Rapat Kerja Kesehatan Kab Manggarai Barat" Menuju Masyarakat Sehat, Mandiri dan Berkeadilan

Kelembagaan dan kapasitas masyarakat,mendapat perhatian serius Sepesialis Infrasutruktur PNPM-MP NTT
LP. (28/3/2014) Rendahnya Kualitas pengembangan kelembagaan dan kapasitas masyarakat dalam pengelolaan kegiatan PNPM-MP, mendapat perhatian serius dari Tim audit PNPM-MP NTT yang melakukan monitoring dan audit kegiatan PNPM-MP di Kabupaten Manggarai Barat.
Belum optimalnya pelibatan berbagai lembaga kemasyarakatan yang ada di desa dalam melakukan Pengelolaan dan monitoring kegiatan PNPM-MP di beberapa kecamatan di kabupaten Manggarai Barat merupakan indikasi awal , rendahnya kualitas pengembangan kelembagaan dan kapasitas masyarakat dalam kegiatan PNPM_MP. Hal ini disampaikan Finsensius Lalo, ST , spesialis Infrastruktur PNPM-MP NTT saat melakukan monitoring dan Audit internal di kecamatan Ndoso dan Boleng (25 sd 29 /03/2014).
Secara umum pelaksanaan program sudah berjalan secara baik, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperbaiki . Khususnya berkaitan dengan pengembangan kelembagaan dan kapasitas masyarakat. “ Fasilitator harus juga, memfokuskan pendampingan dalam rangka peingkatan kulitas kelembagaan dan kapasitas masyarakat “ ujar Lalo. Hal ini sesuai dengan fokus utama PNPM-MP pada proses Pemberdayaan Masyarakat itu sendiri. Lanjutnya.
Dari hasil supervisi dan Audit yang ada , menunjukkan fasilitator masih mendominasi berbagai proses yang ada . Sementara peran kelembagaan dan masyarakat , seakan berjalan ditempat .” Hal ini bisa dilihat dari rendahnya kemampuan TPK dalam pengelolaan administrasi dan kegiatan di tingkat desa.” Jelas Lalo .Kalau dilihat dari tanggung jawab pengurus TPK , mereka sangat antusias untuk belajar dan berkembang, tinggal bagaimana fasilitator mengarahkan,sehingga kemandirian itu bisa dicapai. Lanjut Lalo
Sementara menurut koordinator PNPM Kab Manggarai Barat Gregorius Gar,S.sos, untuk Pelaksanaan PNPM-MP Tahun Anggaran 2013 di kabupaten Manggarai Barat telah mencapai 100 % baik untuk progres kegiatan maupun dananya.Untuk Pelaksanaan Kegiatan 2014 sementara dalam proses persiapan pelaksanaan. Jelas Gar .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Foto

dhgdahghDH